Jenis Spesies Orangutan Indonesia

Jenis Spesies Orangutan Indonesia

Orangutan adalah jenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat, yang hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Orangutan memiliki bentuk tubuh mirip manusia namun lebih gemuk & besar, kekuatan yang mereka miliki jauh lebih kuat daripada manusia.

Jenis Spesies Orangutan Indonesia

Mengenal 3 Spesies Orangutan di Indonesia

Orangutan primata endemik Indonesia yang mendiami kawasan hutan tropis atau hutan gambut di Pulau Sumatera dan Kalimantan adalah satu-satunya jenis kera besar yang ditemukan di Asia. Sifat orangutan mendiami hutan rawa gambut & hutan hujan tropis lebat untuk daerah dataran rendah maupun pegunungan.

Jenis Spesies Orangutan Indonesia

  • Orangutan Sumatera (Pongo abelii)

Orangutan Sumatera atau Pongo abelii merupakan satu diantara 11 hewan mamalia paling langka di Indonesia. Populasi orangutan sumatera diperkirakan hanya sekitar 6.500 ekor (Dephut, 2007) saja. Populasinya ini jauh lebih sedikit dibanding saudaranya, orangutan kalimantan.

Hewan akademik dari Sumatera ini merupakan jenis kera besar seperti halnya gorila dan simpanse. Dan tidak bisa ditemukan dibelahan bumi lainnya, hanya hidup di di hutan Sumatera.

  • Orangutan Borneo (Pongo pygmaeus)

Orangutan Kalimantan / Pongo pygmaeus adalah spesies orangutan asli pulau Kalimantan. Orangutan Kalimantan memiliki lama waktu hidup selama 35 sampai 40 tahun di alam liar, sedangkan di penangkaran dapat mencapai usia 60 tahun.

Pygmaeus mempunyai berat tubuh sekitar 50 – 100 kg (jantan) dan 30-50 kg (betina) dengan tinggi rata-rata 1,5 meter. Orangutan kalimantan merupakan binatang omnivora walaupun lebih menyukai tumbuhan. Makanannya adalah buah, dedaunan, kulit pohon, bunga, telur burung, serangga, dan vertebrata kecil lainnya.

  • Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis)

Pongo tapanuliensis merupakan jenis dari spesies Orangutan dari daerah Sumatera yang baru ditemukan. Bukti pertama yang mengukuhkan orangutan tapanuli sebagai kategori spesies baru terlihat dengan terpaparnya perbedaan genetik sangat besar di antara jenis orangutan lainnya.

Populasi Orangutan Tapanuli terpecah ke dalam dua kawasan utama (blok barat dan timur), oleh lembah patahan sumatera dan juga ada populasi kecil di cagar alam sibual – buali di sebelah tenggara blok barat.

Pembahasan tentang 3 spesies orang utan telah habis, sekarang adalah waktunya untuk anda menikmati serta memanfaatkan peluang besar menjadi jutawan dengan login sbobet com di situs judi sbobet online terpercaya.