Jenis Harimau yang Ada di Dunia

Jenis Harimau yang Ada di Dunia

Harimau adalah anggota terbesar dari keluarga kucing besar alias genus Panthera. Memiliki nama latin Panthera tigris, mereka juga adalah salah satu kucing besar yang paling populer.

Tahukah anda kalau harimau memiliki beberapa jenis spesies yang berbeda-beda, meski dari golongan yang sama namun mereka tetap memiliki jenis berbeda, berikut informasinya!

Jenis Harimau yang Ada di Dunia

7 Jenis Harimau yang Ada di Dunia

Jenis Harimau yang Ada di Dunia

  • Harimau Siberia (Panthera tigris altaica)

Disebut juga harimau amur, harimau siberia adalah subspesies harimau terbesar di dunia. National Geographic menyebut bahwa panjang mereka bisa mencapai 3,2 meter dan berat 300 kg.

  • Harimau Benggala (Panthera tigris tigris)

Harimau benggala adalah subspesies harimau di India, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan. Menurut World Wide Fund for Nature, terdapat sekitar 2.100 harimau benggala di alam bebas, dengan 1.411 di antaranya berada di India, 200 di Bangladesh, 150 di Nepal, dan 100 di Bhutan. Harimau tiba di anak benua India.

Saat ini harimau banggala menjadi salah satu Iconic patung terkenal pada sebuh tempat bermain casino ibcbet login di Macau. Tempat ini resmi dibagun pada tahun 2014 lalu, saat di Cina ditemukan salah satu harimau terlepas keluar dari hutan di Cina.

  • Harimau Tiongkok Selatan (Panthera tigris amoyensis)

Harimau cina selatan (Panthera tigris amoyensis), juga dikenal sebagai harimau cina, amoy, atau xiamen, adalah subspesies harimau yang berasal dari hutan Cina Selatan. Harimau cina selatan adalah spesies sangat kritis dari semua subspesies harimau. Mahir mencetuskan bahwa kini hanya tersisa kurang dari 20 harimau.

  • Harimau Indocina (Panthera tigris corbetti)

Harimau Indocina adalah nama umum hewan ini sedangkan nama ilmiahnya adalah Panthera Tigris Corbetti. Kata Panthera berarti macan tutul dan kata Tigris dalam bahasa Latin untuk harimau. Selain itu, kata Corbetti mengacu pada seorang pria Inggris bernama Jim Corbett yang dulunya adalah seorang pemburu yang menjadi pelestari harimau Indocina.

  • Harimau malaya (Panthera tigris jacksoni)

Sementara, harimau malaya memiliki habitat yang sangat terbatas, yaitu hanya di Semenanjung Malaya dan bagian selatan Thailand. Mereka dulu dikelompokkan sebagai harimau indocina, namun tes DNA pada 2004 menunjukkan bahwa mereka merupakan subspesies berbeda. Status mereka saat ini adalah terancam kritis.

  • Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae)

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan satwa endemik yang penyebarannya hanya terdapat di Pulau Sumatera, terutama di hutan-hutan dataran rendah sampai dengan pegunungan.

Laman Live Science juga menyebut bahwa bulu mereka lebih gelap dibanding harimau lain dan itu membantu mereka berkamuflase di hutan Sumatra dengan baik. Ketersediaan hewan mangsa ini juga memainkan peran penting dalam menentukan daerah jelajah individu harimau.

  • Harimau Kaspia (Panthera tigris virgata)

Harimau kaspia atau harimau persia adalah subspesies harimau yang habitatnya di wilayah Iran, Irak, Afganistan, Turki, Mongolia, Kazakhstan, Kaukasus, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Subspesies ini punah pada akhir tahun 1950-an.